Tentang Kami

OpenSID.ID adalah Forum Pegiat Sistem Informasi Desa, yaitu para pegiat internet yang peduli akan perkembangan Desa Teknologi, khususnya bidang Teknologi Sistem Informasi Desa. OpenSID.ID tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial sebagai pekerja internet untuk bisa berperan dalam membantu memajukan dan mengembangkan Desa. OpenSID.ID merupakan wadah pemberdayaan dan pengembangan website Desa dengan teknologi Sistem Informasi Desa di Indonesia.

OpenSID.ID juga di harapkan menjadi solusi sebagi domain alternatif Desa di Indonesia. Tujuan OpenSID.ID adalah, ingin memberikan kemudahan bagi desa-desa di seluruh Indonesia yang ingin dengan segera memulai mengonlinekan website Desanya.

Website Desa bersubdomain OpenSID.ID adalah website yang di dedikasikan untuk desa-desa di seluruh pelosok tanah air, untuk bisa menggambarkan situasi, potensi yang ada di desa tersebut serta desa dapat mengirimkan informasi (warta desa) kepada masyarakat-masyarakat yang ada di desa bahkan untuk masyarakat luas.

UU No 6 Tahun 2014 telah memberikan kewenangan besar pada desa dalam bentuk wewenang berdasar hak asal-usul dan kewenangan lokal berskala desa (Pasal 19). Untuk melaksanakan kewenangannya, pemerintah desa wajib memiliki Sistem Informasi Desa yang menjamin rencana dan pelaksanaan pembangunan desa dapat dipantau oleh masyarakat desa (Pasal 82-86)

Pasal 86 UU no. 6 Tahun 2014

Undang-Undang Tentang Desa, pasal tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan:

Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan

Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.

Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.

Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan.

Pemerintah Daerah Kabuten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 83.931 wilayah administrasi setingkat desa di Indonesia pada 2018. Jumlah tersebut terdiri atas 75.436 desa (74.517 desa dan 919 nagari di Sumatera Barat), kemudian 8.444 kelurahan serta 51 Unit Permukiman Transmigrasi (UPT)/Satuan Permukiman Transmigrasi (SPT).

Sementara menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2015 tentang Kode dan data wilayah Administrasi pemerintahan disebutkan, bahwa jumlah Desa dan Kelurahan di Indonesia adalah 83.184 (74.754 Desa + 8.430 Kelurahan).

Dan hubunganya dengan domain website Desa menurut data Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), per Desember 2017 pengguna Domain Desa.id baru ada sekitar 4.556 Desa

Alasan di bentuknya Forum Desa Pengembang Sistem Informasi Desa adalah :

  1. Banyak desa yang belum faham bahwa domain resmi untuk desa adalah Desa.id
  2. Sampai saat ini tidak ada aturan larangan penggunaan domain bagi desa selain Desa.id
  3. Banyak desa yang kesulitan melakukan pendaftaran domain desa.id karena terkendala kelengkapan persyaratan administrasi.
  4. Domain opensid.id menggambarkan sebagai sebuah domain komunitas OpenSID.
  5. Banyak desa yang kurang memahami cara mendaftar sebuah domain.
  6. Banyak desa yang kesulitan melakukan setup dan konfigurasi domain dan hosting untuk membuat website bisa online dan bisa diakses karena tidak bisa sharing di group, forum atau komunitas.
  7. Banyak desa yang kebingungan memilih aplikasi atau website seperti apa yang harus mereka miliki.
  8. Banyak desa yang kurang memahami cara membuat website resmi desa yang dinamis dan responsive.

Keuntungan mengonlinekan website Desa antara lain: publikasi keberadaan desa ke seluruh Indonesia bahkan dunia, menginformasikan profil dan seluruh potensi desa, mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai desa dan interaksi masyarakat dengan perangkat desa dapat secara langsung tanpa hambatan tempat dan waktu.

Website juga sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, memberikan dan mendapatkan informasi dengan cepat tanpa hambatan.

Saat ini OpenSID.ID telah turut membantu mewujudkan ratusan Website Desa maupun Sistem Informasi Desa dari mitra yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.